Catatan Seorang Siswa

Share materi, Bhs Indonesia, Matematika, Fisika, Kimia, Sejarah, Pkn, Bhs Inggris dan yang ada di pikiran kamu

Sunday, April 23, 2017

Beberapa Bentuk Usaha Pembelaan Negara Dan Contohnya



Assalamualaikum Wr.Wb

       Bentuk Usaha Pembelaan Negara Beserta Contohnya - Pembelaan Negara adalah suatu usaha yang dilakukan warga negara dalam rangka membela dan mempertahankan kedaulatan Negara Republik Indonesia yang berdasar pancasila dan undang-undang. Menurut UU No. 3 Tahun 2002 tentang Pertahanan Negara dalam pasal 9 Ayat (2) bahwa bentuk-bentuk keikutsertaan warga negara dalam usaha pembelaan negara diselenggarakan melalui hal-hal sebagai berikut.

1. Pendidikan Kewarganegaraan

    Pendidikan kewarganegaraan, artinya untuk membentuk peserta didik menjadi manusia yang memiliki rasa kebangsaan dan cinta tanah air. Pembinaan terhadap kesadaran akan bela negara dapat dilaksanakan melalui jalur pendidikan baik tingkat persekolahan maupun pendidikan tinggi melalui pendidikan kewarganegaraan. Dengan pendidikan kewarganegaraan dapat menumbuhkan rasa kebangsaan dan cinta tanah air.


2. Pelatihan Dasar Kemiliteran Secara Wajib

    Pelatihan dasar kemiliteran secara wajib, artinya selain TNI, salah satu komponen warga negara yang mendapat pelatihan dasar militer adalah unsur mahasiswa yang tersusun dalam organisasi Resimen Mahasiswa (Menwa).

Dalam pendidikan bangku sekolah terdapat organisasi seperti dasar kemiliteran seperti halnya, Pramuka, Paskibra. Dan dalam sekolah saya terdapat program Hansek (Ketahanan Sekolah). yang mewajibkan siswanya mengikuti. Program Hansek sendiri dilatih oleh Tentara, Polisi bahkan Densus 88 kata guru saya.

3. Pengabdian Sebagai Anggota TNI

    TNI sebagai alat pertahanan negara memiliki tugas sebagai berikut.
  1. Mempertahankan kedaulatan negara dan keselamatan bangsa.
  2. Melindungi kehormatan dan keselamatan bangsa.
  3. Melaksanakan operasi militer.
  4. Ikut serta secara aktif dalam tugas pemeliharaan perdamaian regional dan internasional.
     TNI merupakan salah satu kekuatan nasional negara disiapkan untuk menghadapi ancaman yang berbentuk kekuatan militer. Dalam tugasnya, TNI melaksanakan hal berikut ini.


  • Operasi Militer Perang (OMP) adalah operasi militer dalam menghadapi kekuatan militer           negara lawan, baik berupa invasi, agresi, maupun infiltrasi.
  • Operasi Militer Selain Perang (OMSP) adalah organisasi militer yang dilaksanakan, bukan dalam rangka perang dengan negara lain, tetapi tugas lain seperti melawan pemberontakan bersenjata gerakan separatis, tugas mengatasi kejahatan lintas negara, tugas bantuan, tugas kemanusiaan, dan tugas perdamaian.

4.  Pengabdian Sesuai Dengan Profesi

     Pengabdian sesuai profesi lainnya artinya pengabdian warga negara yang mempunyai tugas profesi tertentu untuk kepentingan pertahanan negara termasuk dalam menanggulangi atau memperkecil akibat yang ditimbulkan oleh perang,bencana alam atau bencana lainnya. Warga negara yang berprofesi sebagai paramedis, tim SAR, PMI, bantuan sosial, dan perlindungan masyarakat (Linmas) memiliki hak dan kewajiban ikut serta dalam usaha pembelaan negara.

     
Contoh Usaha Pembelaan Negara  
    
    Contoh usaha pembelaan negara yang pernah dilakukan oleh TNI sebagai berikut.
  1. Menghadapi ancaman Agresi Militer.
  2. Mempertahankan NKRI dan menjaga keutuhan NKRI.
  3. Menghadapi ancaman dari gerakan separatis dan federalis. 
  4. Menghadapi serangan teroris
    Contoh usaha pembelaan negara yang dilakukan oleh Polisi sebagai berikut.
  1. Menjaga ketertiban negara.
  2. Menjaga keamanan masyarakat, dari kerusuhan, penyalahgunaan narkoba, konflik dll
    Contoh usaha pembelaan negara yang dilakukan oleh warga negara
  1. Mematuhi peraturan hukum yang berlaku
  2. Mematuhi peraturan sekolah
  3. Menjaga keamanan kampung
  4. Menghormati masyarakat lain
Terima kasih. Semoga bermanfaat

   

No comments:

Post a Comment