Catatan Seorang Siswa

Share materi, Bhs Indonesia, Matematika, Fisika, Kimia, Sejarah, Pkn, Bhs Inggris dan yang ada di pikiran kamu

Tuesday, April 11, 2017

Cara Pengelolaan Sumber Daya Usaha



Assalamualaikum Wr.Wb 
Dalam perencanaan proses produksi, diperlukan pengelolaan yang baik untuk mencapai tujuan perusahaan/pengusaha. Sumber daya yang dimiliki oleh perusahaan dapat dikategorikan atas enam tipe sumber daya atau yang biasa disebut (6M), yaitu sebagai berikut.
1. Man (Manusia)

Dalam pendekatan ekonomi, sumber daya manusia adalah salah satu faktor produksi selain modal dan keterampilan. Pandangan yang menyamakan manusia dengan faktor-faktor produksi lainnya dianggap tidak tepat, baik dilihat dari konsepsi, filsafat, maupun moral. Manusia merupakan unsur manajemen yang penting dalam mencapai tujuan perusahaan.

2. Money (Uang)

Money atau uang merupakan salah satu unsur yang tidak dapat di abaikan. Uang digunakan dalam kegiatan operasional sehari-hari dalam perusahaan/industri. Seperti Pembayaran listrik, pembelian bahan baku dan alat-alat pendukung, pembayaran gaji karyawan.

3. Material (Bahan)

Material merupakan bahan baku yang dibutuhkan. Untuk memperolehnya sendiri perusahaan umumnya tidak menghasilkan sendiri melainkan membeli dari pihak lain. Untuk itu, manajer perusahaan berusaha untuk memperolehnya dengan murah.

4. Machine (Teknologi)

Mesin memiliki peranan penting dalam proses produksi setelah terjadinya revolusi industri dengan ditemukannya mesin uap sehingga banyak pekerjaan manusia yang digantikan oleh mesin. Perkembangan teknologi yang begitu pesat menyebabkan penggunaan mesin makin menonjol. Hal ini karena banyaknya mesin baru yang ditemukan oleh para ahli sehingga memungkinkan peningkatan dalam produksi.

5. Method (Methode)

Metode kerja sangat dibutuhkan agar mekanisme kerja berjalan efektif dan efisien. Metode kerja yang sesuai dengan kebutuhan perusahaan, baik yang menyangkut proses produksi maupun administrasi tidak terjadi begitu saja melainkan memerlukan waktu yang lama.

6. Market (Pasar)

Memasarkan produk memiliki peran yang sangat penting sebab jika barang yang di produksi tidak laku, proses produksi barang akan berhenti. Artinya, proses kerja tidak akan berlangsung. Oleh sebab itu, penguasaan pasar dalam arti menyebarkan hasil produksi merupakan faktor menentukan dalam perusahaan. Agar pasar dapat dikuasai, kualitas dan harga barang harus sesuai dengan selera konsumen dan daya beli konsumen.

Kesimpulan : Jika salah satu diatas diabaikan maka jalannya usaha akan tidak lancar. Contohnya : Jika perusahaan tidak mempunyai Money atau uang dari mana pengusaha membeli bahan baku ,membayar pegawai.
 
Sumber : Buku Paket Prakarya dan Kewirausahaan Kelas XI (Kutilas)


  


No comments:

Post a Comment