Catatan Seorang Siswa

Share materi, Bhs Indonesia, Matematika, Fisika, Kimia, Sejarah, Pkn, Bhs Inggris dan yang ada di pikiran kamu

Saturday, October 24, 2015

Serat Wedhatama (Tembang Pangkur)


Assalamualaikum Wr.Wb
Waktu itu saya diberi guru saya untuk mencari tembang jawa + menghafalkannya untuk bernyanyi di depan kelas. Yang bernama Serat Wedhatama. Setelah dapat saya print dan saya hafalkan. Waktu hari Hnya saya ditunjuk berdua untuk latihan. Waktu itu saya gugup. dan Suara + nada kami yang kami nyanyikan begitu buruk. Setelah semua siswa maju semua barulah penilaian yang asli dimulai. Saya menunggu sekian lama. Kemudian saya dipanggil. Dan saya bernyanyi , karena saya waktu itu malu + tidak pede akhirnya saya dianggap remidi. Saya tidak putus asa, minggu kemudian remidi dan saya akhirnya lulus. Itu sepenggal cerita bernyanyi Tembang Jawa yaitu Serat Wedhatama.

Dalam Bahasa Jawa
Mingkar mingkur ing angkara
Angkarana karenan mardi siwi
Sinawung resmining kidung
Sinuba sinukarta
Mrih kretarta pakartaning ngelmu luhung
Kang tumprap ing tanah jawa
Agama ageming aji

Artinya Dalam Bahasa Indonesia
Menahan diri dari nafsu angkara
Karena berkenan mendidik putra
Disertai indahnya tembang
Dihias penuh variasi
Agar menjiwai tujuan ilmu luhur
Yang berlaku di tanah jawa
Agama sebagai "Pakaian"nya perbuatan

Guru Lagu:  a , i , u , a , u , a , i
Guru Wilangan: 8a , 11i , 8u , 7a , 12u , 8a , 8i

Terima Kasih atas kunjungannya. Semoga Bermanfaat
Wasalamualaikum Wr.Wb

No comments:

Post a Comment