Catatan Seorang Siswa

Share materi, Bhs Indonesia, Matematika, Fisika, Kimia, Sejarah, Pkn, Bhs Inggris dan yang ada di pikiran kamu

Saturday, October 31, 2015

Beberapa Teori Mengenai Berkembangnya Pengaruh Hindu - Budha


Assalamualaikum Wr.Wb

Terdapat berbagai pendapat mengenai teori proses masuknya Hindu-Budha di Indonesia. Sampai saat ini masih ada perbedaan pendapat mengenai cara dan masuknya pengaruh Hindu-Budha di Indonesia. Berikut beberapa teori berkembangnya pengaruh hindu-budha dari para ahli :

  1. Teori Ksatria
    Gambar by terselubung.in
  2. Dalam teori ini seorang ahli bernama R.C Majundar berpendapat bahwa munculnya kerajaan atau pengaruh Hindu di Kepulauan Indonesia disebabkan oleh Kaum Ksatria atau Prajurit India. Mereka melarikan diri akibat kalah perang dan mendirikan kerajaan - kerajaan di Indonesia dan Asia Tenggara. Namun teori ini kurang disertai oleh bukti - bukti yang menundukung. Selama ini belum ada ahli arkeolog yang dapat menemukan bukti - bukti yang menunjukkan adanya ekspansi dari prajurit - prajurit India ke Kepulauan Indonesia.
  3. Teori Waisya :  
    Gambar by bharatdiscovery.org
  4. Teori ini terkait dengan pendapat N.J Krom yang mengatakan bahwa kelompok yang berperan dalam penyebarannya Hindu-Budha di Asia Tenggara , termasuk Indonesia adalah Kaum Pedagang (Waisya). Pada mulanya mereka pergi berlayar untuk berdagang. Pada saat itu jalur yang hanya ditempuh dengan jalur air, yang menyebabkan mereka bergantung dengan iklim - iklim tertentu. Bila musim angin tidak memungkinkan maka mereka aka menetap lebih lama untuk menunggu musim baik. Dari hal inilah banyak pedagang India menikah dengan penduduk lokal dan melalui perkawinan mereka mengembangkan kebudayaan India. Menurut Pendapat G.Coedes , para pedagang India datang ke Asia adalah untuk memperoleh barang tambang terutama emas dan hasil Hutan.
  5. Teori Brahmana :
    Gambar by pinimg.com
  6. Menurut J.C Van Leur bahwa Hindunisasi di Kepulauan Indonesia disebabkan oleh Kaum Brahmana. Pendapat Van Leur didasari atas temuan-temuan prasasti yang menggunakan bahasa Sansekerta dan Huruf Pallawa. Karena bahasa dan huruf tersebut hanya di kuasai oleh Kaum Brahmana. Selain itu adanya kepentingan dari para penguasa untuk mengundang para Brahmana India. Mereka diundang untuk keperluan upacara keagamaan. Seperti pelaksanaan upacara inisiasi yang dilakukan oleh para kepala suku agar mereka menjadi golongan ksatria. Pendapat J.C Van Leur sejalan dengan Pendapat Paul Wheatly bahwa para penguasa lokal di Asia Tenggara sangat berkepentingan dengan kebudayaan India guna mengangkat status sosial mereka.
  7. Teori Arus Balik :
    Gambar by bp.blogspot.com
  8. Teori ini lebih menekankan pada peranan bangsa Indonesia sendiri dalam proses penyebaran kebudayaan Hindu-Budha di Indonesia. Orang-orang di indonesia yang pergi ke India. Di India mereka belajar hal ihwal agama dan kebudayaan Hindu-Budha. Setelah kembali mereka mengajarkan dan menyebarkan ajaran agama itu kepada masyarakatnya. Pandangan ini juga dikaitkan dengan pandangan F.D.K Bosch yang menyatakan bahwa proses indianisasi di Kepulauan Indonesia dilakukan oleh kelompok tertentu, mereka itu terdiri dari kaum terpelajar yang mempunyai semangat untuk menyebarkan agama Budha.
Itulah beberapa teori mengenai berkembangnya pengaruh Hindu-Budha. Terima kasih atas kunjungannya , semoga bermanfaat.
Wassalamualaikum Wr.Wb

No comments:

Post a Comment