Catatan Seorang Siswa

Share materi, Bhs Indonesia, Matematika, Fisika, Kimia, Sejarah, Pkn, Bhs Inggris dan yang ada di pikiran kamu

Saturday, October 31, 2015

Uji Kompetensi Bab 1 Sejarah Indonesia Kelas X Hal 8


Assalamualaikum.Wr.Wb

Soal :
  1. Mengapa istilah pra-aksara lebih tepat dibandingkan dengan istilah pra-sejarah untuk menggambarkan kehidupan manusia sebelum mengenal tulisan?
  2. Secara netodologis bagaimana kita dapat mengetahui kehidupan manusia sebelum mengenal tulisan?
  3. Mesir mengakhiri zaman pra-aksara sekitar tahun 3000 SM, tetapi di Indonesia baru abad ke-5 M. Mengapa demikian?
  4. Apa saja pelajaran yang dapat kita peroleh dari belajar kehidupan pada zaman pra-aksara?
Jawab :
  1. Karena istilah pra-sejarah yang berarti belum ada sejarah atau belum ada kehidupan pada hakekatnya sekalipun belum mengenal tulisan, makhluk hidup yang dinamakan manusia sudah memiliki sejarah dan sudah menghasilkan / meninggalkan bukti-bukti fisik.
  2. Dengan melihat beberapa sisa peninggalan / bukti-bukti fisik yang dapat kita temukan dengan menggunakan metode arkeologi , geologi , dan biologi.
  3. Karena pada setiap bangsa-bangsa di dunia memiliki kecerdasan / kemampuan yang berbeda. Seperti halnya Mesir dengan Indonesia.
  4. Kesadaran asal-usul manusia dan penghargaan terhadap tradisi, Kita bisa belajar banyak dari keberhasilan dan capaian prestasi terbaik dari pendahulu kita, Kita dapat belajar dari kegagalan mereka yang menimbulkan malapetaka bagi dirinya dan banyak orang, Untuk menginspirasi pengenmbangan nalar kehidupan dan sebagai peringatan, Untuk menerangi kehidupan masa kini dan masa depan.
Terima Kasih atas kunjungannya. Semoga bermanfaat
Wassalamualaikum Wr.Wb.


No comments:

Post a Comment